p7xhMSO4O9fyfib8OANOxXym2LUEvDesKq0YUJbG
Bookmark

Cara Membuat Lisensi Template dengan Realtime Database Firebase

Script Lisensi Template Blogger
Script Lisensi Template Blogger dengan Realtime Database Firebase

Dalam dunia pengembangan web dan aplikasi, lisensi menjadi elemen yang sangat krusial untuk memastikan bahwa template, script atau produk digital lainnya yang telah dibuat digunakan secara sah dan legal oleh pengguna yang sudah resmi terdaftar. Salah satu contoh penggunaan lisensi pada produk digital adalah seperti lisensi pada template Blogger (blogspot).

Misalnya saja seperti template Igniplex yang dibuat dan dikembangkan oleh Igniel (template yang saya pakai juga). Dalam template Igniplex, terdapat potongan script lisensi template yang terhubung ke database. Sehingga ketika pengguna ingin menggunakan template, pengguna harus melalukan verifikasi domain dan memasang kode lisensi yang cocok. Jika salah satu syarat tersebut tidak terpenuhi, maka blog akan diarahkan ke halaman lain yang sudah ditentukan dalam script.

Nah, di artikel kali ini, saya akan membagikan sebuah script lisensi template Blogger / blogspot yang diintegrasikan dengan realtime database Firebase menggunakan JavaScript murni. Script ini nantinya akan mengirimkan permintaan untuk membaca isi data domain dari database Firebase dalam bentuk JSON kemudian mencocokannya dengan host name (URL / domain blog) yang sedang menggunakan template atau script. Jika alamat domain tersebut tidak terdaftar dalam database Firebase, maka blog tersebut akan langsung dialihkan ke halaman blog kamu.

Tapi sebelum memasang script lisensi template Blogger ini, tentunya kamu harus sudah memiliki akun Firebase serta memiliki projek realtime database kosong untuk diintegrasikan dengan JavaScript lisensi template Blogger ini. Untuk cara buat akun Firebase dan membuat projek realtime database Firebase, kamu bisa ikuti langkah-langkah pada poin nomor 1 dan 2.

Kenapa Harus Pakai Realtime Database Firebase?

Jawabannya simpel, karena GRATIS dan mudah untuk digunakan bahkan oleh orang yang kurang paham dengan JavaScript. Selain itu, kamu juga bisa membuat alat generator CRUD (Create, Read, Update dan Delete) sendiri yang terhubung langsung ke realtime database Firebase. Sehingga ketika kamu ingin menambahkan domain baru ke database, kamu bisa menambahkannya langsung melalui generator CRUD yang sudah kamu buat tanpa perlu masuk ke akun Firebase terlebih dahulu.

Kalau kamu minat dengan alat generator CRUD yang terhubung ke database Firebase dari JavaScript yang ada di artikel ini, kamu bisa hubungi saya. Contoh tampilan alat generator bisa dilihat pada gambar di bawah ini.
Generator CRUD Lisensi Database Firebase
Contoh Tampilan Generator CRUD Lisensi Database Firebase

Cara Membuat Lisensi Template Blogger Menggunakan Realtime Database Firebase

Artikel sudah diperbarui, script yang dibagikan kini telah menghapus bagian validasi kode lisensi. Jadi hanya menggunakan data domain dari database Firebase saja supaya penggunaan script lebih mudah dan simpel.

Sebelum lanjut ke pembahasan inti dan tutorial membuat lisensi template Blogger, saya akan jelaskan cara membuat akun Firebase, cara membuat projek baru di Firebase serta cara membuat database baru di Firebase. Tapi jika kamu sudah memiliki projek database kosong, kamu bisa lewati langkah ini dan langsung ke poin nomor 5.

Daftar dan Buat Projek Baru

  1. Pertama-tama daftar dan buat akun Firebase terlebih dulu. Kunjungi link di bawah ini:
  2. https://firebase.google.com/
  3. Setelah itu klik tombol Mulai atau Get Started dalam bahasa Inggris.
  4. Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga proses pembuatan akun Firebase berhasil.
  5. Jika sudah berhasil, di halaman utama klik tombol Create a Project.
  6. Script Lisensi Template Blogger
    Membuat Projek Baru di Firebase.
  7. Di langkah selanjutnya, silakan buat nama untuk projek tersebut. Bebas dengan nama apa saja. Jika sudah klik tombol Continue.
  8. Membuat Lisensi Template Blogger dengan Database Firebase
    Membuat Projek Baru di Firebase.
  9. Di langkah selanjutnya kamu bisa nonaktifkan saja pengaturan untuk Google Analytics karena tidak perlu. Klik tombol Create project untuk menyelesaikan pembuatan projek baru.
  10. Membuat Lisensi Template Blogger Menggunakan Realtime Database Firebase
    Membuat Lisensi Template Blogger Menggunakan Realtime Database Firebase.
  11. Selesai.

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil membuat sebuah projek baru. Langkah selanjutnya adalah membuat realtime database pada projek yang sudah dibuat tadi. Untuk caranya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Membuat Realtime Database Baru

  1. Di halaman utama Firebase, klik menu Build di sebelah kiri kemudian pilih Realtime Database.
  2. Membuat Lisensi Template Blogger Menggunakan Realtime Database Firebase
    Membuat Realtime Database Baru di Firebase.
  3. Setelah masuk ke menu realtime database, klik tombol Create Database untuk membuat database baru.
  4. Script Lisensi Template Blogger dengan Database Firebase
    Membuat Realtime Database Baru di Firebase Untuk Lisensi Template.
  5. Setelah itu pilih lokasi server database yang akan kamu gunakan. Di tahap ini biarkan menggunakan opsi bawaan dari Firebase saja, yaitu United States (us-central1).
  6. Script Lisensi Template Blogger dengan Database Firebase
    Memilih Lokasi Server Realtime Database Firebase.
  7. Di pengaturan "Security rules", pilih opsi yang locked mode. Setelah itu klik tombol Enable.
  8. Script Lisensi Template Blogger
    Locked Mode Rules Database Firebase.
  9. Langkah selanjutnya, ubah rules pada realtime database terlebih dahulu supaya script lisensi template Blogger dapat membaca data domain dari database tersebut. Untuk mengubahnya, masuk ke menu Rules kemudian ganti nilai pada .read menjadi true. Hasil akhirnya akan seperti ini:
  10. {
      "rules": {
        ".read": true,
        ".write": false,
      }
    }

Sampai tahap ini sudah berhasil membuat realtime database baru di Firebase. Langkah selanjutnya membuat struktur JSON yang berisi data domain dan kode lisensi. Untuk cara menambahkan domain dan kode lisensi baru ke dalam database Firebase, kamu bisa ikuti langkah-langkah pada poin ke 4 ini.

Menambahkan Data Domain Ke Realtime Database Firebase

  1. Langkah terakhir, membuat data domain dalam bentuk JSON pada menu Data. Perhatikan di menu Data, terdapat tulisan "null" di sebelah link database kamu. Klik tulisan tersebut nanti akan muncul ikon PLUS "+" di sebelahnya.
  2. Memasang Script Lisensi Menggunakan Realtime Database Firebase
    Memasang Script Lisensi dengan Realtime Database Firebase.
  3. Setelah itu akan muncul 1 baris dengan 2 kolom kosong yang bertuliskan placeholder Key dan Value. Pada urutan pertama, isi kolom Key saja dan kolom Value di kosongkan. Ini adalah nama yang digunakan untuk judul / nama pada link database kamu nantinya. Di sini saya contohkan host (lihat nomor 1). Kemudian klik lagi ikon PLUS (+) di sebelah nama "host" tadi untuk menambahkan baris baru.
  4. Script Lisensi Template Blogger
    Memasang Lisensi Template Blogger dengan Database Firebase
  5. Pada baris kedua tadi, tulis angka nol (0) pada kolom Key dan tulis nama domain blog kamu pada kolom Value-nya (tulis tanpa http:// dan https://).
  6. Untuk menambahkan data domain baru, klik ikon PLUS (+) yang ada di sebelah nama "host" seperti langkah sebelum. Dan tulis angkanya berurutan dimulai dari angka nol tadi.

  7. Jika sudah semua, klik tombol Add untuk menambahkan data domain ke realtime database.
  8. Selesai.

Sampai tahap ini, kamu sudah berhasil membuat daftar domain menggunakan realtime database Firebase. Untuk memeriksa apakah struktur JSON yang kamu buat valid atau tidak, kamu bisa memeriksanya dengan menyalin link database kamu kemudian tambahkan nama atau judul yang telah dibuat tadi (contoh yang saya gunakan di atas adalah "host" pada langkah nomor 2) dan pastikan bahwa URL menggunakan format .json diakhirnya. Contoh URL database yang benar.

https://ignelius-license-default-rtdb.firebaseio.com/host.json

Jika penulisan data domain benar, maka hasilnya akan menampilkan sebuah struktur JSON berisi data domain yang sudah ditulis di realtime database Firebase kamu. Dan di bawah ini adalah contohnya.

["www.ignelius.com"]

Memasang Script Lisensi Template di Blogger

Tahap terakhir, memasang script lisensi template ke dalam blog. Kamu bisa salin semua JavaScript lisensi template Blogger di bawah ini kemudian gabungkan dengan script lainnya. Setelah itu jangan lupa enkripsi semua script (termasuk script lisensi template Blogger) menggunakan obfuscator.io.

<script>//<![CDATA[
// Script Lisensi Template dengan Realtime Database Firebase async function igneliusLisensi() {
    try {
        const currentDomain = window.location.hostname;
        const response = await fetch("https://ignelius-license-default-rtdb.firebaseio.com/host.json");
        const domainData = await response.json();
        const isDomainRegistered = domainData && domainData.includes(currentDomain);
        if (!isDomainRegistered) {
            window.location.href = "https://www.ignelius.com";
        }
    } catch (error) {
        console.error(error);
    }
}

igneliusLisensi();
//]]></script>

Pada bagian https://ignelius-license-default-rtdb.firebaseio.com/host.json ganti dengan URL database kamu. Dan ganti juga semua teks yang sudah ditandai.

Sampai tahap ini sudah berhasil membuat lisensi template Blogger menggunakan realtime database Firebase. Ketika template atau JavaScript tersebut digunakan di blog yang tidak ada dalam daftar domain pada database Firebase, maka blog tersebut akan langsung dialihkan ke halaman blog kamu.

Penutup

Itu dia tutorial cara membuat lisensi template Blogger menggunakan realtime database Firebase. Selain menggunakan database Firebase, kamu juga bisa menggunakan workers dari Cloudflare sebagai database. Dan kamu juga bisa menambahkan beberapa fungsional seperti validasi kode lisensi pada setiap domain.

Jadi ketika pengguna ingin menggunakan template atau script digunakan di blog mereka, mereka wajib memasukkan kode lisensi yang terdaftar dan sesuai dengan kode lisensi yang ada pada workers Cloudflare. Keduanya sama-sama menggunakan data JSON. Tapi tentu saja caranya akan lebih rumit dibandingkan dengan menggunakan database Firebase karena kamu harus menggunakan Name Server dari Cloudflare agar bisa membuat data domain menggunakan workers Cloudflare ini.

Di artikel berikutnya mungkin akan saya bahas juga script lisensi template Blogger dengan kode lisensi yang menggunakan workers Cloudflare sebagai database penyimpanan list / data domainnya.

3 komentar

3 komentar

Sebelum memposting komentar, harap baca kebijakan berkomentar terlebih dulu.

1. Untuk menulis kode syntax highlighter, gunakan <em>KODE SYNTAX</em> (kode harus di parse terlebih dulu).
2. Untuk menyisipkan gambar dalam komentar, gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>.
3. Untuk menulis tautan, gunakan <a href='URL WEB TUJUAN'>Anchor Teks</a>.
4. Untuk menulis sebuah quote / kutipuan, gunakan <i rel="quote">TULIS QUOTE DI SINI</i>.
5. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke email saat ada yang membalas komentar kamu.

  • Team Tokko
    Team Tokko
    11 Februari, 2024
    Ckup bang .. udah saya modify buat license menggunakan firebase login di website saya , jadi musti regis dan dapatkan license nya demo seperti ini Disini

    Thanks bang
    Reply
  • Team Tokko
    Team Tokko
    30 Januari, 2024
    Bang bza lebih lengkap lagi pakai realtime database nya ?
    • Team Tokko
      Ignelius
      04 Februari, 2024
      maksudnya lebih lengkap gimana? bagian mananya
    Reply