p7xhMSO4O9fyfib8OANOxXym2LUEvDesKq0YUJbG
Bookmark

Cara Setting DNS Pribadi di Android Terbaru 2024

Cara Setting Private DNS di Android
Cara Ganti DNS Pribadi di Android

Fitur untuk mengatur DNS Pribadi secara langsung pada perangkat Android sudah tersedia sejak Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang dirilis pada tahun 2011 silam. Namun pada versi Android 9 Pie dan versi selanjutnya, Google baru memperkenalkan fitur "Private DNS" atau "DNS Pribadi" yang memungkinkan pengguna dapat mengonfigurasi DNS Pribadi dengan mudah tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga. Cukup mengubah DNS Pribadi melalui pengaturan jaringan seluler yang sudah tersedia di semua perangkat Android.

Berbicara mengenai DNS Pribadi di Android, ada banyak sekali manfaat dan kegunaan yang bisa kita dapatkan dengan mengatur DNS Pribadi di Android kita. Salah satu kegunaan yang diincari oleh banyak orang adalah DNS Pribadi untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet. Dengan mengubah DNS Pribadi di pengaturan jaringan Android, kamu bisa menikmati koneksi internet yang lebih stabil dan optimal.

Selain berguna untuk meningkatkan dan mengoptimalkan koneksi internet, masih ada banyak kegunaan lainnya yang bisa kamu nikmati jika menggunakan DNS Pribadi di Android kamu. Sebelum membahas lebih jauh tentang fungsi menggunakan DNS Pribadi di Android, kamu harus tahu terlebih dulu apa arti dari DNS Pribadi di Android itu sendiri. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu DNS Pribadi / Private DNS di Android?

Domain Name System atau kerap disebut dengan DNS merupakan sebuah sistem yang menyimpan informasi mengenai nama domain / host domain berbasis data yang tersebar dalam jaringan komputer. Fungsi DNS tadi akan mengubah alamat IP / IP Address pada setiap situs web menjadi nama domain yang tentunya akan lebih mudah dibaca dan diingat. Tanpa ada DNS ini, kita harus menuliskan alamat IP pada suatu situs web secara manual ketika kita ingin mengunjungi situs web tersebut. Dalam contoh ini misalnya 1110.2220.3330.

Namun karena adanya DNS, kita tidak perlu repot-repot menghafal setiap alamat IP pada suatu situs web yang ingin kita kunjungi. Cukup menuliskan nama domain yang digunakan pada situs web tersebut, misalnya seperti https://ignelius.com. Menurut kamu mana yang lebih mudah ditulis dan diingat? Tentunya penggunaan nama domain jauh lebih mudah dibaca dan diingat dibandingkan dengan alamat IP atau IP Address.

Fungsi dan Fitur DNS Pribadi di Android

Setiap Internet Service Provider (ISP) biasanya sudah menyediakan server DNS bawaan masing-masing. Namun tidak sepenuhnya server DNS yang disediakan oleh provider tersebut optimal dan stabil. Untuk mengatasi masalah koneksi internet yang lambat ketika membuka website, kita bisa memanfaatkan fitur DNS Pribadi yang ada di Android.

Dengan mengganti server DNS Pribadi di Android, kamu akan mendapatkan pengalaman browsing yang lebih baik dengan kecepatan koneksi internet yang jauh lebih stabil dan optimal. Yah, bisa dibilang fungsi utama dari DNS ini mirip dengan fungsi yang ada di VPN. Keduanya sama-sama memiliki peran penting dalam menjaga keamanan privasi pengguna saat online di dunia internet.

Pemblokir Iklan

Selain mampu meningkatkan kecepatan koneksi internet, DNS Pribadi di Android juga dapat memblokir sejumlah iklan-iklan serta konten-konten yang berpotensi berbahaya (seperti konten phising) ketika kita sedang mengakses internet. Jika kamu ingin browsing tanpa terganggu dengan iklan-iklan dan konten spam lainnya, kamu bisa ubah server DNS Pribadi di Android kamu ke server DNS yang memiliki fitur pemblokiran iklan dan konten berbahaya seperti yang sudah disebutkan tadi. Untuk list server Private DNS, kamu bisa lihat di bawah nanti.

Meningkatkan Keamanan Privasi

Private DNS juga dapat meningkatkan keamanan privasi pengguna saat online di dunia internet. Ketika kamu menghubungkan ke server Private DNS, setiap konten-konten di internet akan disaring (difilter) dan mengamankan setiap aktivitas browsing yang dilakukan pengguna dari ISP atau memblokir pelacakan aktivitas oleh pihak ketiga.

Perlindungan dari Malware dan Virus

Kebanyakan penyedia server DNS Pribadi biasanya sudah mendukung perlindungan dari malware atau virus yang biasanya berada di sejumlah situs web. DNS ini akan memblokir akses ke situs web yang terdeteksi menyebarkan malware dan virus berbahaya lainnya.

Selain dari ketiga manfaat mengganti DNS Pribadi di Android yang sudah disebutkan di atas, masih ada banyak manfaat dan kegunaan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan server DNS Pribadi yang tepat. Di artikel ini saya akan sertakan rekomendasi list server DNS Pribadi Android terbaik, tercepat dan teraman 2024 yang bisa kamu coba satu-satu.

List server DNS Android ini merupakan server DNS yang disediakan oleh beberapa penyedia layanan provider terbaik seperti server DNS yang disediakan oleh Google dan lainnya. Tapi sebelum lanjut membahas daftar server Private DNS Android terbaik, tercepat dan teraman, kamu harus tahu terlebih dahulu cara mengganti server DNS Pribadi di Android. Bagi yang belum tahu cara ganti DNS Pribadi di Android, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Ganti Server DNS di Android

Biasanya di setiap perangkat Android sudah tersedia pengaturan khusus untuk mengatur / mengganti server DNS Pribadi, namun jika kamu tidak dapat menemui pengaturan DNS Pribadi di ponsel Android kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi DNS pihak ketiga yang bisa kamu instal dari Play Store. Untuk aplikasinya sendiri ada banyak. Contohnya seperti aplikasi DNS Changer Secure VPN Proxy. Untuk cara menggunakan aplikasi DNS Changer, kamu bisa lihat di poin nomor dua.

Ganti DNS Pribadi di Android Tanpa Aplikasi

  1. Buka Pengaturan di perangkat Android kamu.
  2. Kemudian masuk ke menu Jaringan & Internet.
  3. Cara Setting DNS Pribadi di Android
    Cara Setting Private DNS di Android
  4. Setelah itu gulir sedikit ke bawah sampai kamu menemukan pengaturan DNS Pribadi seperti yang ada di gambar ini.
  5. Cara Ganti Hostname DNS Pribadi di Android
    Cara Ganti Hostname Private DNS di Android
  6. Setelah itu pilih opsi Hostname penyedia DNS Pribadi.
  7. Cara Ubah DNS Pribadi di Android
    Cara Ubah DNS Pribadi di Android
  8. Setelah memilih opsi tersebut, kamu bisa tulis hostname dari penyedia DNS Pribadi yang ingin dihubungkan pada kolom di bawahnya.
  9. Jika sudah diisi, klik tombol Simpan untuk menghubungkan jaringan ke hostname dari penyedia DNS tadi.
  10. Selesai!

Sampai tahap ini kamu sudah berhasil mengganti server / hostname DNS Pribadi di Android. Untuk menguji apakah sudah terhubung atau belum, kamu bisa coba akses salah satu situs web di internet kemudian bandingkan ketika sebelum menggunakan DNS Pribadi tadi.

Ganti DNS Pribadi Lewat Browser

Selain mengganti server DNS Pribadi di Android melalui pengaturan jaringan & internet, kamu juga bisa mengganti server / hostname DNS Pribadi melalui aplikasi browser. Namun cara ini hanya akan berpengaruh pada aplikasi browser yang digunakan saja, tidak untuk semua aplikasi online yang ada di perangkat.

  1. Buka aplikasi browser Chrome.
  2. Setelah itu klik ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas.
  3. Kemudian masuk ke menu Setelan.
  4. Kemudian masuk ke bagian Privasi dan Keamanan.
  5. Di menu ini, pilih setelan Gunakan DNS aman.
  6. Kemudian aktifkan terlebih dahulu pengaturan tersebut. Jika sudah akrif, pilih opsi Pilih penyedia lain dan pilih yang sesuaikan.
  7. Setelah itu masukkan URL server / hostname DNS yang ingin dihubungkan.
  8. Selesai!

Pada pengaturan ini, sebetulnya sudah disediakan beberapa hostname atau server DNS yang direkomendasikan oleh browser langsung. Seperti Private DNS dari Google, Cloudflare, OpenDNS, CleanBrowsing dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ganti DNS Pribadi Android Lewat Aplikasi DNS Changer

Jika di perangkat Android kamu tidak tersedia fitur untuk nengubah server DNS Pribadi, kamu bisa coba cara alternatif yang satu ini. Cara ini tentunya membutuhkan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat kamu instal dari Play Store. Nama aplikasi adalah DNS Changer Secure VPN Proxy. Link download aplikasinya sudah saya sediakan di bawah.

DNS Changer Secure VPN Proxy17 MB
  1. Download aplikasi DNS Changer di Play Store.
  2. Buka aplikasi kemudian buka aplikasinya.
  3. Di halaman utama aplikasi, klik pada bagian Choose a DNS Provider.
  4. Setelah itu pilih yang Custom DNS jika ingin menggunakan hostname dari penyedia DNS lain.
  5. Setelah itu klik tombol START untuk mulai menghubungkan perangkat ke server DNS Provider tadi.
  6. Selesai!

Rekomendasi Hostname / Server DNS Terbaik 2024

Di bawah ini saya sudah sertakan juga rekomendasi list hostname / server DNS terbaik dan tercepat 2024 yang bisa kamu coba. Setiap list hostname / server DNS sudah disertakan fitur-fitur yang disediakan oleh penyedia DNS.

No.Nama Penyedia DNSHostname DNSFitur DNS
1.Google Public DNSdns.google, 8.8.8.8, 8.8.4.4Meningkatkan kecepatan koneksi internet, meningkatkan keamanan data privasi pengguna
2.Cloudflare DNS1.1.1.1Kecepatan koneksi internet stabil dan optimal, perlindungan konten berhaya dan malware, perlindungan privasi pengguna, pemblokiran iklan
3.OpenDNS208.67.222.222, 208.67.220.220Fitur kontrol orang tua, pemfilteran konten dan iklan
4.Quad99.9.9.9, dns.quad9.netPemblokiran konten situs web berbahaya, perlindungan privasi pengguna
5.AdGuard DNSdns.adguard.com, dns.adguard-dns.comPemblokiran iklan, perlindungan privasi, peningkatan kecepatan koneksi internet, perlindungan dari konten berbahaya / malware
6.Tiarap DNSdoh.tiar.app, dot.tiar.app, dns.tiar.appPemblokiran iklan, perlindungan konten berbahaya / malware, perlindungan privasi pengguna, peningkatan kecepatan koneksi internet
7.BlahDNSdot-sg.blahdns.comKoneksi internet cepat, stabil dan optimal, perlindungan privasi pengguna
8.NextDNSfd2d94.dns.nextdns.ioGoogle safe browsing, perlindungan ancaman berbasis AI, pemblokiran konten dan iklan, meningkatkan kecepatan koneksi internet, fitur kontrol orang tua
Geser tabel ke kiri atau kanan.

Penutup

Itu dia tutorial cara ganti DNS Pribadi di Android dan rekomendasi hostname server DNS terbaik dan tercepat 2024 yang bisa saya sampaikan di artikel ini. Semoga informasi ini bisa membantu dan bermanfaat.

Komentar

Posting Komentar

Sebelum memposting komentar, harap baca kebijakan berkomentar terlebih dulu.

1. Untuk menulis kode syntax highlighter, gunakan <em>KODE SYNTAX</em> (kode harus di parse terlebih dulu).
2. Untuk menyisipkan gambar dalam komentar, gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>.
3. Untuk menulis tautan, gunakan <a href='URL WEB TUJUAN'>Anchor Teks</a>.
4. Untuk menulis sebuah quote / kutipuan, gunakan <i rel="quote">TULIS QUOTE DI SINI</i>.
5. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke email saat ada yang membalas komentar kamu.