p7xhMSO4O9fyfib8OANOxXym2LUEvDesKq0YUJbG
Bookmark

6 Cara Agar Status WhatsApp HD dan Tidak Pecah Bisa Tanpa Aplikasi

Cara Kirim Status WhatsApp Kualitas Original HD
Cara Kirim Status WhatsApp Kualitas Original HD

Kalau kamu membuka postingan ini pasti kamu sedang mencari cara agar foto dan video status WhatsApp HD dan tidak pecah, kan? Sebetulnya ini adalah masalah yang dialami oleh semua pengguna WhatsApp saat membagikan foto dan video mereka kepada pengguna lain melalui chat pribadi atau status WhatsApp. Hal ini dikarenakan semua media (foto dan video) yang dibagikan di aplikasi WhatsApp akan otomatis terkompres sehingga berdampak buruk pada kualitas asli foto dan video yang dikirim.

Jika kamu mencari cara agar status WhatsApp HD dan tidak pecah di internet, hampir tidak ada yang memuaskan, kan? Nah, di artikel kali ini saya akan membagikan beberapa cara agar foto dan video status WhatsApp tetap HD, tidak buram dan tidak pecah. Sama seperti kualitas aslinya. Beberapa cara di antaranya ada yang menggunakan aplikasi tambahan dan ada yang tidak. Penasaran cara upload foto dan video HD di status WhatsApp? Simak informasi lengkapnya di bawah ini.

6 Cara Agar Foto dan Video Starus WhatsApp Tidak Pecah atau HD, Dijamin Berhasil!

Meskipun kini WhatsApp sudah menyediakan fitur untuk mengunggah foto dan video dengan kualitas HD, namun hasil akhirnya tetap saja sama. Foto dan video masih pecah dan buram. Terlebih lagi jika ukuran file yang diunggah terlalu besar. Pasti hasilnya akan sangat buruk dari kualitas aslinya. Namun dengan mengikuti beberapa trik berikut, kamu bisa ungguh foto dan video kualitas HD anti pecah di status WhatsApp.

Upload Foto dan Video Status WhatsApp Pakai Fitur HD Bawaan WhatsApp

Seperti yang sudah kita ketahui, WhatsApp sekarang sudah menyediakan fitur unggah foto dan video HD untuk mendapatkan kualitas foto dan video yang lebih bagus dan jernih dari biasanya. Namun sayangnya fitur HD ini hanya tersedia jika kamu mengirimkan foto dan videonya kepada pengguna WhatsApp lain melalui chat pribadi, bukan melalui status WhatsApp.

Meskipun begitu, kamu tetap bisa kok menggunakan fitur HD tersebut untuk mengunggah foto dan video di status WhatsApp. Untuk cara unggah foto dan video HD di status WhatsApp menggunakan fitur HD bawaan WhatsApp, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama-tama buka aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Di halaman awal, klik ikon kamera yang berada di bagian atas. Jangan melalui tab status! Kamu bisa lihat contohnya pada gambar di bawah.
    Cara Upload Foto dan Video HD di Status WhatsApp
    Cara Upload Foto dan Video HD di Status WhatsApp
  3. Setelah itu pilih foto ataupun video yang ingin kamu unggah di status WhatsApp kamu. Sebelum mengunggahnya, klik ikon HD di bagian atas agar kualitas foto atau video yang diunggah disetel HD.
    Cara Agar Status Video WhatsApp Tidak Pecah dan Buram
    Cara Unggah Foto Video HD di Status WhatsApp Tanpa Aplikasi
    Kamu juga bisa tambahkan caption di bagian bawah pada kolom yang bertuliskan "Tambahkan keterangan...".
  4. Jika foto atau video sudah disetel ke kualitas HD, klik ikon centang di bagian bawah. Setelah itu pilih bagikan ke Status saya.
  5. Selesai! Status WhatsApp kamu sudah menjadi HD.

Menurut saya, hasil foto dan video yang diunggah dengan cara di atas masih belum maksimal dan pastinya foto atau video tersebut akan tetap pecah dan buram karena foto atau video yang diunggah tetap akan dikompres otomatis oleh WhatsApp. Namun ini adalah cara yang paling mudah dan simpel untuk dilakukan karena tidak perlu menggunakan aplikasi atau website pihak ketiga.

Kompres Dulu Foto dan Video Sebelum Diunggah Ke Status WhatsApp

Jika kamu masih merasa kurang puas dengan hasil yang kamu ikuti dari cara sebelumnya, kamu bisa coba ikuti cara yang kedua ini. Yaitu dengan mengkompres terlebih dulu foto dan video yang ingin kamu unggah di status WhatsApp. Memang ada bedanya? Tentu saja berbeda! Jika kamu mengompres foto terlebih dulu sebelum diunggah ke status WhatsApp, kualitas fotonya tidak akan berbeda jauh dengan kualitas aslinya.

Begini, jika kamu mengompres foto melalui website atau aplikasi pihak ketiga, alat tersebut akan mengubah ukuran file foto kamu menjadi lebih kecil namun tetap mempertahankan kualitas foto aslinya. Sedangkan di WhatsApp, foto akan dikompres hingga ukuran dari file tersebut benar-benar kecil sehingga berdampak buruk pada kualitas foto aslinya yang menyebabkan jadi buram dan pecah.

Ada banyak situs dan aplikasi untuk kompres foto atau video secara efisien dengan mempertahankan kualias aslinya agar tetap HD dan tidak pecah. Berikut beberapa rekomendasi situs dan aplikasi untuk kompres foto serta video agar tetap HD dan tidak pecah.

Situs Untuk Kompres Gambar Terbaik:
  1. https://www.iloveimg.com
  2. https://compressjpeg.com
  3. https://www.img2go.com
  4. https://www.compress2go.com
Situs Untuk Kompres Video Terbaik:
  1. https://www.video2edit.com
  2. https://www.veed.io
  3. https://www.media.io
  4. https://www.freeconvert.com
  5. https://clideo.com

Mengganti File Status WhatsApp dengan File Asli (HD)

Selain kedua cara di atas, ada cara atau trik rahasia yang bisa kamu coba agar foto dan video status WhatsApp tidak pecah dan buram. Cara ini mungkin masih banyak yang belum tahu karena cara ini sedikit ribet. Yaitu dengan cara menukar file foto atau video yang sudah diunggah di WhatsApp dengan file aslinya. Jadi ketika teman kamu memihat status WhatsApp kamu, kualitasnya akan sama seperti kualitas file aslinya tanpa ada proses kompresi. Penasaran gimana caranya? Simak baik-baik langkah-langkah di bawah ini.

Perlu diperhatikan, cara yang satu ini menggunakan metode menukar file yang diunggah di WhatsApp dengan file aslinya. Jadi kamu perlu menggunakan aplikasi manager yang dapat membaca file-file tersembunyi. Kamu bisa gunakan aplikasi ZArchiver. Abaikan langkah ini jika file manager bawaan pada ponsel kamu sudah support. Karena saya menggunakan ponsel Google Pixel yang tidak dapat membaca file-file tersembunyi, saya akan gunakan aplikasi ZArchiver.

  1. Pertama buatlah status WhatsApp seperti biasanya dengan mengunggah foto atau video melalui "Tab Status".
  2. Setelah itu matikan data seluler agar status tidak langsung terkirim. Langkah ini WAJIB dilakukan ya. Setelah itu buka aplikasi file manager atau ZArchier.
  3. Kemudian cari file foto atau video asli yang ingin diunggah ke status WhatsApp.
  4. Setelah itu salin atau pindahkan file aslinya ke dalam folder status WhatsApp seperti berikut:
    Jika status kamu berupa foto:
    Android media com.whatsapp WhatsApp Media WhatsApp Images Sent Nama file foto yang ada di status WhatsApp
    ATAU
    Jika status kamu berupa video:
    Android media com.whatsapp WhatsApp Media WhatsApp Video Sent Nama file video yang ada di status WhatsApp
    Cara Upload Status WhatsApp Kualitas Original HD
    Cara Upload Status WhatsApp Kualitas Original HD
    Untuk memastikan foto atau video yang diunggah di status WhatsApp sesuai, lihat pada tanggal file tersebut dan sesuaikan dengan jam saat kamu unggah status WhatsApp. Jangan sampai salah saat menukar filenya ya.
  5. Selanjutnya SALIN nama file status WhatsApp tersebut. Caranya, tekan dan tahan pada file tersebut setelah itu pilih ubah nama lalu salin semua nama file tersebut, termasuk format filenya (.jpg, .png atau yang lainnya).
  6. Jika nama file sudah berhasil disalin, kamu bisa hapus file status WhatsApp bawaan tersebut karena akan digantikan dengan file aslinya.
  7. Langkah terakhir, kamu ganti nama file asli yang sudah dipindahkan tadi menjadi nama file dari status WhatsApp sebelumnya. Lebih jelasnya kamu bisa lihat pada gambar di bawah ini.
    Cara Upload Foto Video Kualitas Asli HD di WhatsApp
    Cara Agar Status WhatsApp HD dan Tidak Pecah
  8. Selesai! Hasil akhirnya ukuran file status WhatsApp sebelumnya akan berubah sama seperti ukuran file aslinya. Kamu bisa lihat sendiri pada gambar di bawah ini.
    Cara Agar Video Status WhatsApp Tidak Buram
    Cara Agar Video Status WhatsApp Tidak Buram
    Ukuran file status WhatsApp sebelumnya berukuran 418KB dan setelah file tersebut diganti ukurannya berubah menjadi 2.38MB. Untuk memastikan apakah file dari status WhatsApp berhasil ditukar dengan file aslinya, kamu bisa cek langsung status WhatsApp kamu sendiri. Jika berhasil, kualitas status WhatsApp kamu pasti akan HD sama seperti aslinya.

Gunakan Aplikasi PureStatus Agar Status HD dan Tidak Pecah / Buram

Jika cara di atas dirasa terlalu rumit, kamu bisa coba cara yang keempat ini agar foto dan video status WhatsApp HD dan tidak pecah / buram. Yaitu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama PureStatus. Cara kerja pada aplikasi PureStatus ini sama halnya dengan website untuk mengompres media seperti foto dan video. Aplikasi PureStatus ini akan mengompres foto dan video yang ingi dijadikan status WhatsApp dan akan mempertahankan kualitas sebaik mungkin.

Kamu bisa download aplikasi PureStatus ini di Play Store atau App Store secara gratis. Namun perlu diingat, setiap foto dan video yang sudah dikompres di aplikasi PureStatus tidak boleh diedit lagi atau kualitasnya akan hilang.

PureStatus WA
PureStatus: ByeBye Blur Status WhatsApp
• DamTech Designs
Download PureStatus APK

Upload Status Melalui WhatsApp Web

Cara kelima yang bisa kamu coba untuk mengatasi status WhatsApp video buram dan pecah adalah dengan cara mengupload status melalui WhatsApp Web. Cara ini banyak dilakukan karena hasilnya jauh lebih bagus dibandingkan mengupload menggunakan fitur HD dari aplikasi WhatsApp langsung dan bahkan lebih bagus dibandingkan menggunakan aplikasi PureStatus. Saya kurang tahu kenapa hasilnya berbeda. Padahal ketiga metode tersebut sama-sama akan mengkompres file foto atau video secara otomatis. Tapi hasil foto atau video yang diupload melalui WhatsApp Web lebih bagus.

Pakai MB WhatsApp IOS Terbaru 2023

Terakhir, agar status WhatsApp kamu tetap jernih, HD dan tidak pecah sama sekali, kamu bisa menggunakan MB WhatsApp IOS versi 9.83. Kenapa harus versi 9.83? Karena setahu saya, satu-satunya versi MB WhatsApp IOS yang mendukung media (foto dan video di status ataupun chat) kualitas penuh tanpa proses kompresi adalah versi 9.83. Sehingga foto dan video yang dihasilkan akan sama seperti aslinya.

Jika kamu ingin menggunakan MB WhatsApp IOS ini, kamu bisa download aplikasi MB WhatsApp IOS v9.83 melalui tautan yang sudah disediakan di bawah ini.

MBWhatsApp iOS
Clone Version
v9.83
Password File: MBWA
• Stefano YG
Download MBWhatsApp iOS

Saya sarankan menggunakan MB WhatsApp IOS yang CLONE agar dapat digunakan bersamaan dengan WhatsApp original. Selain itu, CLONE juga dapat menghindari terjadinya pemblokiran akun.

Penutup

Itu dia 6 cara upload foto dan video kualitas asli HD di status WhatsApp dengan atau tanpa aplikasi. Cara yang paling direkomendasikan adalah cara yang ketiga karena hasilnya akan sama seperti kualitas aslinya, namun sedikit rumit. Jika ada yang belum paham bisa tanyakan di kolom komentar. Selamat mencoba!

Komentar

Posting Komentar

Sebelum memposting komentar, harap baca kebijakan berkomentar terlebih dulu.

1. Untuk menulis kode syntax highlighter, gunakan <em>KODE SYNTAX</em> (kode harus di parse terlebih dulu).
2. Untuk menyisipkan gambar dalam komentar, gunakan <strong>URL GAMBAR</strong>.
3. Untuk menulis tautan, gunakan <a href='URL WEB TUJUAN'>Anchor Teks</a>.
4. Untuk menulis sebuah quote / kutipuan, gunakan <i rel="quote">TULIS QUOTE DI SINI</i>.
5. Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi yang dikirim langsung ke email saat ada yang membalas komentar kamu.